Home / Uncategorized / Pemandian Sodong Bogor, Sensasi Mandi Air Pengunungan di Pinggir Jalan

Pemandian Sodong Bogor, Sensasi Mandi Air Pengunungan di Pinggir Jalan

Hari gini mandi air di pinggir jalan? mana mungkin? Mungkin saja, kalau rekreasinya ke Pemandian Sodong – Bogor Jawa Barat. Dan untuk menikmati pemandian ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Mandi air mata air pegunungan sepuasnya bersama warga dan pengunjung lainnya, bisa dilakukan di sini.

Pemandian Sodong terletak di Wilayah Bogor Jawa Barat. Dari arah Cileungsi ada tiga rute yang bisa ditempuh. Pertama melalui Jonggol, jalan ini tidak direkomendasikan, selain jarak tempuh yang jauh (90 menit) dan jalanannya jelek. Wilayah ini tergolong sepi sekali walau pemandangannya cukup bagus. Jalur Kedua adalah melalui Kelapa Nunggal (dari arah Cileungsi – Narogong ke Kota Bogor). Jalan ini termasuk yang bagus, ramai dan lancar. Tetapi dari Cileungsi cukup memakan waktu sekitar 45 menit. Jalur ketiga adalah dari arah Perumahan Permata Cibubur, setelah pertigaan (kiri ke Sodong, kanan ke Narogong) belok kiri. Jalur ini adalah yang tercepat dan cukup bagus kondisi jalannya (perkiraan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Metland Transyogi).

Setelah sampai di Kolam pemandian, ada 2 alternatif pemandian. Pertama adalah yang gratis. Ini kondisinya di pinggir jalan, kolamnya luas, dan lebih sensasional buat yang ingin lompat-lompatan (terjut bebas). hanya saja, di saat liburan akan sangat ramai dan campur baur. Para pedangan dan penyewa ban di sekitar kolam sangat ramah dan komunikatif. Pemandian kedua adalah di kolam renang, tiket per orang Rp 10.000,- kalau mau sewa ban (bebek-bebekan) Rp 10.000,- ganti baju dan pakai kamar mandi Rp 3.000,- per orang. Biaya parkir mobil Rp 10.000 sedangkan motor Rp 5.000,-. Sayangnya tempat parkir kurang nyaman, tidak teratur, dan kotor.

Kondisi pemandian di kolam renang cukup bersih, terawat, airnya jernih dan segar. Konon air yang mengalir di kolam ini juga berasal dari mata air pegunungan. Suasana asri dan sejuk khas pedesaan sangat kental di wilayah ini. Para pedagang seblak di dalam kolam juga sangat ramah dan peduli (kekeluargaan). Salah satu yang saya sukai jalan-jalan di wilayah Cileungsi Jonggol adalah penduduknya yang ramah dan kepedulian tinggi (rata-rata baik banget, suka menolong walau baru kenal).

Di dekat kolam ada penjual gorengan, per potong Rp 1.000,- (gorengannya enak dan hangat) terdiri dari risol, pisang, ubi, bakwan dan tahu. Jangan kaget ya, kalau beli gorengan Rp 10.000,- dikasih cabe banyak banget. Karena masih wilayah pedesaan, jadi tanaman bisa tumbuh subur. Di sini pula, ada pedagang bakso dan penjual buah Menteng (buah yang sekarang sudah langka) dan cabe rawit. Buah menteng sekantong plastik kecil Rp 10.000,- sementara rawit Rp 5.000,- untuk ukuran yang sama.

Pemandian Sodong ini merupakan jalur favorit komunitas sepeda di wilayah ini. Waktu yang direkomendasikan untuk datang ke sini adalah pagi hari, sekitar pukul 09:00 s.d 10:30, karena di saat ini pengunjung belum terlalu ramai dan udaranya masih sejuk. Keindahan ini baru sebagian kecil dari pesona alam Cileungsi – Jonggol yang misterius. Nantikan terus ya, up date dari asianentertainmentshowbiz.com. (lisya)

About admin

Check Also

Museum Komodo TMII, Belajar, Bersenang-senang dan olah raga

Untuk bisa menikmati koleksi museum ini, pengunjung harus membayar tiket masuk TMII, sebesar Rp 10.000,- …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 4