Home / Uncategorized / Buntut dari Kasus “Burning Sun” dua Artis FNC Mengundurkan Diri

Buntut dari Kasus “Burning Sun” dua Artis FNC Mengundurkan Diri

sumber: koreaboo.com, stasiun TV SBS

Kasus pelecehan yang terjadi di sebuah Klub malam “Burning Sun” akhirnya menyeret-nyeret selebritis lain. Mereka adalah dua artis FNC Entertainment, Choi Jonghoon leader dari FT Island dan Lee Jonghyun Gitaris CN Blue.

sumber: koreaboo.com

Pada November 2018, Club “Burning Sun” yang terletak di Seoul gempar. Pasalnya, seseorang pengunjungnya diangkut oleh kepolisian. Sang korban tidak terima diperlakukan kasar seolah-olah ia adalah pelaku kejahatan. Padahal menurut pengakuannya, ia justru berniat seorang wanita yang teraniyaya. Namun, malah dirinya yang jadi kambing hitam. Oleh sebab itu, pria bernama Kim Sang Kyo, tidak terima dan memperkarakan kasus ini serta menyebarkan ketidakadilan yang dirasakannya secara online. Kasus ini langsung mendapat perhatian khusus dari masyarakat Korea Selatan, terlebih lagi mengikutsertakan nama Seungri (member Bigband) yang merupakan CEO Burning Sun, saat itu.

Akibat kasus ini, Seungri diperiksa kepolisian setempat. Posisinya sebagai CEO ternyata sudah dilaihkan mengingat ia akan ikut wajib militer tahun 2019. Namun, hal itu tidak serta merta membuatnya aman. Justru sebaliknya, berdasarkan penyelidikan kepolisian, sederet nama-nama selebritis papan atas korea juga terseret dalam kasus ini. Berikut kronologisnya;

sumber: koreaboo.com
  1. Pada akhir November 2019, tersebar secara online video yang memperlihatkan bagaimana Kim Sang Kyo dianiyaya oleh kepolisian, padahal menurutnya saat itu ialah yang melapor bahwa ada kekerasan di Club Burning Sun, dan dia adalah salah satu korban. Karena tidak terima dengan perlakukan ini, Kim membawa kasus ini ke pengadilan, dan berasumsi ada oknum kepolisian yang terlibat
  2. Kasus Burning Sun akhirnya ditangani oleh pihak berwajib, Seungri diinterogasi, akibatnya aktivitas Seungri sebagai pengusaha dan selebritis terhenti. YG selaku agency Seungri masih berusaha melindungi Seungri.
  3. Berdasar penyidikan, ternyata kasus ini menarik nama-nama selebritis papan atas Korea Selatan lain. Seungri diduga tidak hanya terlibat dalam kasus kekerasan, namun juga prostitusi, pelecehan seksual bahkan obat-obatan terlarang. Dari pemeriksaan terhadap ponsel Seungri, didapatkan sebuah “grup chat” yang terdiri dari nama-nama celebritis Korea Selatan di dalamnya. Pembicaraan di dalam grup ini adalah seputar hubungan seksual para anggota (laki-laki) bersama para wanita. Para anggota bahkan mengambil video saat mereka berhubungan secara diam-diam. Dalam ponsel Seungri, juga didapatkan bahwa Seungri pernah merekomendasikan “wanita” kepada klien potensialnya, lengkap beserta foto dan detail pribadinya.
  4. Penyidik kemudian mendapatkan nama Jun Joon Young, selebritis Korea yang pada tahun 2016 tersandung kasus merekam “video ilegal” saat bersama kekasihnya. Kasusnya dihentikan, karena tidak cukup bukti dan dianggap sebagai kasus pribadi sebab itu akan diselesaikan secara damai. Karena kasus ini, Jung Joon Young menghentikan segala aktivitasnya sebagai selebritis. Namun belum setahun kasus ini mencuat, dirinya sudah mulai muncul layar kaca. Saat kasus ini terjadi, Jun Joon Young minta maaf kepada publik Korea dan berjanji tidak akan mengulagi lagi. Belakang polisi mendapatkan chattnya dengan pengacara, bahwa saat minta maaf ia pura-pura menyesal.
  5. Artis berikutnya adalah Choi Joon hoon leader dari FT Island dan Lee Junghyung gitaris CN BLue. Kedua artis ini berada di bawah label FNC Entertainment. Awalnya nama Choi Joon Hoon dikaitkan dalam kasus mabuk saat menyetir mobil, namun kasusnya tidak mencuat ke publik. Sementara nama Lee Junghyun muncul saat dirinya berkonsultasi dengan member yang lain setelah bercinta dengan beberapa wanita. Publik Korea sangat shock mengetahui hal ini, karena kedua artis ini dikenal sebagai pria kalem yang tidak “genit.” Saat Lee Minhwa (member FT Island) melangsungkan pernikahan dengan Yulhee, Choi Joon Hoon menangis haru. Demikian juga saat Lee Junghyung menjadi suami virtual dalam program “We Got Married” bersama Gong Seung Yeong. Lee Junghyun nampak kalem dan penuh pengertian. Saat ini Lee Junghyung tengah mengikuti wajib militer dan bersedia bekerjasama dengan kepolisian untuk menangani kasus ini.
  6. Penyidikan masih berlanjut, dan beberapa artis yang terkait dnegan masalah ini mengundurkan diri dari dunia selebritis. Diduga masih ada nama lain yang akan terkait.
sumber: koreaboo.com

Dunia gemerlap keartisan di Korea Selatan, kini membuka babak baru. Seungri yang awalnya dielu-elukan karena kemampuan sosialisasinya dan ketajaman bisnisnya, mulai dicaci maki publik Korea. Ia bahkan pernah mendapat julukan “The Great Seungby.” Dunia ini menawarkan mimpi sejuta rasa namun jika tidak berhati hati dalam gelimang popularitas dan harta bisa terperosok jauh ke dalam lubang nestapa. Tentunya, banyak selebritis Korea yang ketar-ketir akan dikaitkan lagi dengan kasus ini, apalagi pihak kepolisian tengah menahan ponsel Seungri dan Jun Jon Hyung. (Sumber gambar dan berita: koreaboo.com)

About admin

Check Also

Pemandian Sodong Bogor, Sensasi Mandi Air Pengunungan di Pinggir Jalan

Hari gini mandi air di pinggir jalan? mana mungkin? Mungkin saja, kalau rekreasinya ke Pemandian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 56 = 65